RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013 adalah Perangkat pembelajaran SMP yang terdiri dari RPP dan Silabus Kurikulum 2013 PKn Kelas VII,VIII,IX. Silabus PKn SMP Kurikulum 2013 ini dapat bapak ibu guru jadikan sebagai referensi dalam pembuatan Silabus Mata Pelajaran PKn SMP/MTs.
RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus - RPP Silabus PKn Kelas 7, 8, 9 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang harus dilengkapi oleh seorang guru di awal semester pelajaran. RPP dan Silabus adalah perangkat wajib yang harus disiapkan guru sebelum mengawali pelajaran.


Silabus dan RPP PKn SMP/MTs Kurikulum 2013 akan menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas nantinya. Sehingga dengan adanya RPP dan Silabus PKn SMP Kelas 7, 8, 9 Lengkap dapat menciptakan proses belajar mengajar yang lancar dan terarah.

Jika bapak dan ibu Guru sedang mencari Perangkat Pembelajaran PKn SMP Kurikulum 2013 untuk dijadikan sebagai referensi dalam membuat RPP, Silabus, Prota, Promes PKn SMP maka Contoh RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013 berikut ini dapat anda download pada tautan yang telah tersedia di bagian bawah


Tapi yang harus bapak dan ibu guru ketahui adalah bahwa RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013 edisi revisi ini hanyalah sebagai Contoh RPP dan Silabus Kurikulum 2013 PKn saja. Diharapkan para rekan guru sekalian dapat mengubah atau mengeditnya sesuai kebutuhan.

Sebelum men Download RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013 maka terlebih dahulu silahkan bapak dan ibu guru membaca sedikit uraian tentang Ciri Ciri dan Karakteristik Kurikulum 2013 agar pembuatan RPP dan Silabus akan lebih baik dengan pengetahuan dari sedikit uraian berikut ini

Ini Ciri-Ciri dan Karakteristik Kurikulum 2013 yang Keren

Beberapa orang indonesia tentu telah mengetahui perubahan dari Kurikulum 2006 (KTSP) ke kurikulum 2013. Namun beberapa orang masih bingung antara perbedaan keduanya. KTSP tentu sudah dirasakan oleh banyak orang, maka kali ini penulis akan membahas seperti apa ciri-ciri dan karakteristik kurikulum 2013.

1. Belajar Tuntas
Belajar tuntas dalam artian siswa tidak diperkenankan untuk belajar di tahap selanjutnya sebelum tahap yang sekarang selesai. Mereka benar-benar harus melewati prosedur yang sesuai dan hasil yang bagus baru bisa melanjutkan tahapnya. Peserta didik harus diberi waktu yang cukup untuk dirinya menyelesaikan pekerjaan belajarnya. Karenanya, apabila ada keterlambatan dalam pembelajaran, peserta didik akan diberi waktu yang lebih dari biasanya.

2. Penilaian Autentik
Kurikulum 2013 ini memandang penilaian dan pembelajaran merupakan hal yang saling berkaitan satu sama lain. Tidak hanya hal-hal yang diketahui oleh peserta didik yang dinilai oleh penilaian autentik ini. Namun hal yang paling ditekankan adalah penilaian mengenai apa yang dapat dilakukan oleh siswa. Jadi dalam kurikulum 2013, penilaiannya bersifat holistic yang berarti merefleksikan antara pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Berbagai cara dan criteria penilaian bisa digunakan. Penilaian yang seperti ini lebih memperlihatkan kepada siswa mengenai dunia nyata, bukan dunia sekolah semata.

3. Penilaian Berkesinambungan
Penilaian di kurikulum 2013 dilakukan secara berkesinambungan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal ini diperlukan agar perkembangan peserta didik dapat dipantau dan diketahui hasilnya. Baik itu mengenai proses, perbaikan, kemajuan, kendala, dan sebagainya. Berbagai proses ulangan seperti Ulangan Harian (UH) dan Ulangan Tengah / Akhir Semester (UTS/UAS) dilakukan secara berkelanjutan.

4. Teknik Penilaian Bervariasi
Dapat menggunakan teknik apapun untuk penilaian seperti tertulis, lisan, unjuk kerja, proyek, pengamatan, penilaian diri, dan sebagainya.

5. Berdasarkan Acuan Kriteria
Ciri-ciri dan karakteristik kurikulum 2013 selanjutnya yaitu penilaian berdasarkan acuan kriteria. Penilaian yang dilakukan harus berdasarkan pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya. Karenanya, peserta didik memang dituntut untuk belajar tuntas.

6. Pendidikan berkarakter
Kurikulum 2013 dikenal dengan kurikulum yang menekankan karakter. Kurikulum ini menuntut agar peserta didik tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan skill saja. Dibalik pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, peserta didik harus tetap menjunjung tinggi etika dan moral yang baik.

7. Pendidikan berwawasan lokal
Pengaruh budaya modern saat ini memang mengurangi wawasan dunia lokal para pelajar Indonesia. Karenanya, kurikulum 2013 berusaha menanamkan kembali wawasan budaya lokal agar budaya sendiri tidak hilang oleh generasi penerus bangsa.

8. Pendidikan ceria dan bersahabat
Kurikulum 2013 ini menerapkan pendidikan yang ceria, menarik, menyenangkan dan berkompeten. Diharapkan dengan cara seperti itu, peserta didik mempunyai minat lebih untuk mencari ilmu. Serta keterampilan maupun skill yang ada pada dirinya akan semakin tergali dan terasah.

Demikian Ciri-ciri dan karakteristik kurikulum 2013 yang dapat penulis paparkan. Semoga bermanfaat dan mudah untuk dipahami. Selanjutnya silahkan Download RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi pada tautan yang telah disediakan di bagian bawah

Download RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013

Pencarian bapak dan ibu Guru yang terkait dengan Download Contoh RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut : rpp pkn smp kurikulum 2013, silabus ppkn smp kurikulum 2013 revisi, silabus pkn kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2016, silabus ppkn smp kurikulum 2013 pdf, silabus pkn smp kelas 8 kurikulum 2013 pdf, silabus pkn kelas 7 semester 2 kurikulum 2013, rpp pkn smp kelas 8 kurikulum 2013, silabus ppkn smp kurikulum 2013 revisi 2016

Silahkan Download RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013 melalui tautan di bawah

Silabus PKn SMP Kurikulum 2013 [ download ]
RPP PKn SMP Kurikulum 2013 [ download ]
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "RPP dan Silabus PKn SMP Kurikulum 2013"

Post a Comment