Aplikasi PPDB PSB Terintegrasi Data Siswa Dapodik

Aplikasi PPDB PSB Terintegrasi Data Siswa Dapodik merupakan aplikasi plikasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang telah terintegrasi langsung dengan formulir data isian dapodik. Sehingga dengan aplikasi ini maka otomatis akan menjadi isian formulir data yg diinginkan pada inputan data pokok pendidikan, baik itu untuk jenjang SD/SLB, SMP, SMA maupun SMK. Begitu juga dengan sekolah-sekolah di luar lingkungan kemdikbud misal MI, MTs, MA bisa menggunakan aplikais PPDB PSB ini.
Aplikasi PPDB PSB Terintegrasi Data Siswa Dapodik

Aplikasi PPDB PSB Terintegrasi Data Siswa Dapodik

RPP dan Silabus - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Yang mana Permendikbud tersebut mengacu pada Penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2017/2018 yang berprinsip pada objektivitas, transparansi, dan akuntabilitas.

Penerimaan siswa baru tingkat SD SMP SMA tahun pelajaran baru 2017/2018 sementara berjalan dan oleh karena itu agar memberi kemudahan kepada pendaftaran siswa baru maka sekolah bisa menggunakan Aplikasi PPDB SD SMP SMA. Aplikasi ini telah langusng terintegrasi dengan formulir data isian aplikasi data pokok pendidikan (dapodik).

Aplikasi Penerimaan Siswa Baru PPDB/PSB ini mampu merekap isian formulir data yang diinginkan dalam inputan data siswa baru di dapodik dan sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang isinya sebagai berikut :



Pasal 4 Persyaratan calon peserta didik baru pada TK adalah:
a. berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 5 (lima) tahun untuk kelompok A; dan b. berusia 5 (lima) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun untuk kelompok B.

Pasal 5
(1) Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD atau bentuk lain yang sederajat:
a. calon peserta didik baru yang berusia 7 (tujuh) tahun wajib diterima sebagai peserta didik; dan
b. calon peserta didik baru berusia paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
(2) Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan istimewa/bakat istimewa atau kesiapan belajar dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
(2) tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru Sekolah
(3) Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat .
(4) Ketentuan pada ayat (2) dan ayat (3) dilaksanakan sesuai dengan batas daya tampungnya berdasarkan ketentuan rombongan belajar dalam Peraturan Menteri.

Pasal 6
Persyaratan calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP atau bentuk lain yang sederajat: a. berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun; dan b. memiliki ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SD atau bentuk lain yang sederajat;

Pasal 7
(1) Persyaratan calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMA, SMK, atau bentuk lain yang sederajat: a. berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun; b. memiliki ijazah/STTB SMP atau bentuk lain yang sederajat; dan c. memiliki SHUN SMP atau bentuk lain yang sederajat. (2) SMK atau bentuk lain yang sederajat bidang keahlian/program keahlian/kompetensi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10 (sepuluh).

Download Aplikasi PPDB PSB Terintegrasi Data Siswa Dapodik 

Jika bapak dan ibu Guru ingin menggunakan Aplikasi PPDB/PSB ini maka silahkan download melalui tautan di bawah

Aplikasi PPDB/PSB Terintegrasi Data Siswa Dapodik [ download ]
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aplikasi PPDB PSB Terintegrasi Data Siswa Dapodik"

Post a Comment