Format Baru RPP Kurikulum 2013 Sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016

Format Baru RPP Kurikulum 2013 Sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016 merupakan Pedoman Penyusunan RPP Terbaru dari Kemendikbud. Dengan Peraturan baru dari Kemendikbud ini diharapkan dapat lebih memudahkan bapak ibu guru dalam menyusun RPP.
Format Baru RPP Kurikulum 2013 Sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016

RPP Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016

Format RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 - RPP Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016 adalah RPP yang sesuai dengan Permendikbud Terbaru Tentang Pedoman Penyusunan RPP yakni Permendikbud No 22 Tahun 2016 yang secara garis besar salah satunya mengatur pedoman penyusunan RPP.

RPP Permendikbud No 22 Tahun 2016 - Pedoman Penyusunan RPP yang tertuang dalam Permendikbud No 22 Tahun 2016 bertujuan agar tenaga pendidik mampu menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan.

Contoh RPP Terbaru 2016 - Proses Pembelajaran yang tercipta juga diharapkan dapat menantang, efisien dan mampu memotivasi peserta didik agar berpartisipasi aktif dan juga memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Format RPP Kurikulum 2013 Terbaru 2016 - Agar Tujuan proses pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan cita cita pendidikan maka tentu RPP yang disusun juga harus sesuai dengan Komponen yang telah ditentukan. Adapun Komponen RPP berdasarkan Permendikbud No 22 Tahun 2016 antara lain :

a. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;

b. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;

c. Kelas/semester;

d. Materi pokok;

e. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;

f. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;

g. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;

h. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;

i. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;

j. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;

k. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;

l. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan

m. Penilaian hasil pembelajaran

Format RPP Terbaru Kurikulum 2013 - Sebelum bapak dan ibu Guru Download Format Baru RPP Kurikulum 2013 Sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016 maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit ulasan tentang Manfaat Perangkat Pembelajaran sebgai berikut

Manfaat Perangkat Pembelajaran Terhadap Pendidikan Di Sekolah

Format RPP Terbaru 2016 - Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran adalah bagian dari perencanaan proses pembelajaran.

Contoh Format RPP Terbaru - Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang akan mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan sumber belajar dan media, skenario pembelajaran dan perangkat penilaian.

Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 pdf - Perangkat pembelajaran dalam bentuk silabus tersebut dikembangkan dengan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi atau SKLSI untuk satuan pendidikan dasar dan menegah yang sesuai dengan pola pembelajaran di setiap tahun ajaran.

Silabus digunakan untuk acuan pengembangan rencana pelaksana pembelajaran. Sedangkan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran digunakan sebagai panduan yang akan dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran yang disusun dalam beberapa bentuk skenario kegiatan.

Manfaat perangkat pembelajaran tidak hanya ditujukan terhadap penggunaan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) namun juga terhadapa perangkat pembelajaran lainnya.

Manfaat Perangkat Pembelajaran dengan menggunakan silabus adalah untuk menyebut sebuah produk pengembangan kurikulum yang berupa penjabaran lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang akan dicapai serta pokok-pokok dan uraian yang ingin dipelajari untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Silabus seperti yang kita ketahui adalah seperangkat rencana dan pengaturan pelaksanaan pembelajaran penilaian yang disusun secara sistematis. Silabus juga memuat komponen-komponen untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar yang saling berkaitan.

Silabus yang baik adalah harus mencakup unsur-unsur berikut ini diantaranya, sasaran-sasaran mata pelajaran, urutan topik-topik yang diajarkan, keterampilan yang diperlukan agar dapat menguasai mata pelajaran tersebut dengan baik dan lain sebagainya.

Rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencakup beberapa hal yaitu data sekolah, mata pelajaran, dan materi pokok.

Satu hal yang penting dari manfaat perangkat pembelajaran dengan RPP adalah guru akan mempunyai pegangan semacam buku panduan dalam membagi proses belajar mengajar siswa di dalam sekolah sehingga sangat mudah untuk memetakan bagaimana kualitas para siwa dalam memahami sebuah pelajaran.

Menurut Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, bahwa dalam tahap awal pembelajaran menurut standar adalah dimulai dengan perencanaan pembelajaran yang diwujudkan melalui penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Sehingga, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran begitu penting bukan hanya untuk guru tapi juga bagi murid sebagai penerimanya. Bukan hanya sekedar dengan menggunakan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Manfaat perangkat pembelajaran pun bisa didapatkan dari adanya penggunaan buku sebagai rangkaian dari perangkat pembelajaran siswa yang tentunya harus memberikan manfaat dan respon bagi guru maupun siswa.

Buku yang akan memudahkan belajar siswa disebut dengan buku siswa, dan buku yang memudahkan guru untuk melaksanakan pembelajaran biasa disebut dengan buku panduan guru. Masing-masing dari buku tersebut memiliki struktur dan komponen khas yang tentu akan membantu proses belajar para siswa.

Selain buku, dibutuhkan instrumen penelian hal ini dimaksudkan agar guru mampu menilai dan mengumpulkan informasi mengenai kemajuan siswa dalam belajar. Terdapat beberapa teknik instrume penelian yang digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai kemampuan siswa-siswi dalam menerima pembelajaran yang diberikan salah satunya berupa tes ataupun non tes yang antara lain adalah tes tertulis, penilaian hasil karya, penilaian sikap, penilaian portofolio dan penilaian diri serta penilaian terhadap hasil karya.

Itulah sedikit ulasan tentang Manfaat Perangkat Pembelajaran selanjutnya silahkan Download Format Baru RPP Kurikulum 2013 Sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016 melalui tautan yang telah tersedia.

Download Format Baru RPP Kurikulum 2013 Sesuai Permendikbud Terbaru No 22 Tahun 2016


Agar Format Baru RPP Kurikulum 2013 yang sesuai dengan Permendikbud No 22 tahun 2016 dapat anda mengerti dengan baik maka sebaiknya anda download formatnya melalui link dibawah ini :

RPP K13 Format Baru Sesuai PERMENDIKBUD No 22 Tahun 2016

atau

Format Baru RPP K13 dari Permendikbud No 22 Tahun 2016
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Format Baru RPP Kurikulum 2013 Sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016"

Post a Comment