Buku PPKn Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku PPKn Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 adalah Buku Guru dan Siswa PPKn Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017. Buku Kurikulum 2013 SMP/MTs PPKn Edisi Revisi 2017 ini dapat anda jadikan soft file dalam menunjang proses pembelajaran dalam kelas.
Buku PPKn Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017, Buku Guru PPKn Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017. Buku Kurikulum 2013 SMP/MTs PPKn Edisi Revisi 2017 Untuk Siswa dan Guru

Buku Kelas VII SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP dan Silabus - Pembelajaran pengembangan karakter yang terpadu merupakan sistem pembelajaraan yang ada pada kurikulum 2013 yang mengedepankan tercapainya perkembangan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh.

Buku PPKn Kurikulum 2013 Kelas 7 SMP/MTS Revisi 2017 - Demi tercapainya tujuan kurikulum tersebut maka Buku yang memiliki basis akitvitas menjadi salah satu media yang wajib dimiliki dalam mencapai perkembangan pembelajaran yang diharapkan yakni pembelajaran yang aktif, kreatif dan menantang serta bermakna sekaligus mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Buku PPKn untuk Siswa dan Guru Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 - Dengan ketersediaan multi kegiatan pada buku ini maka peran serta rekan guru sangat diharapkan melalui kreativitas dan pengembangan kegiatan kegiatan yang searah/relevan dan tentunya disesuaikan dengan potensi siswa pada sekolah untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik.

Buku Siswa/ Guru PPKn Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017 - Buku Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017 ini telah disempurnakan dari edisi pendahulunya namun tetap bersifat terbuka dalam hal penyempurnaan dan perbaikan oleh berbagai pihak. Buku ini hanya bersifat sebagai Contoh saja untuk digunakan sebagai soft copy dan sesungguhnya sekolah wajib membeli buku ini melalui dana Bos ( dibeli online sesuai dengan edaran Jenderal pendidikan dasar dan menengah)

Berikut Kata Pengantar dari Buku Guru PPKn Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran penyempurnaan dari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang semula dikenal dalam Kurikulum 2006. Penyempurnaan tersebut dilakukan atas dasar pertimbangan : (1) Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa diperankan dan dimaknai sebagai entitas inti yang menjadi sumber rujukan dan kriteria keberhasilan pencapaian tingkat kompetensi dan pengorganisasian dari keseluruhan ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

(2) substansi dan jiwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia ditempatkan sebagai bagian integral dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, yang menjadi wahana psikologis-pedagogis pembangunan warganegara Indonesia yang berkarakter Pancasila.

Perubahan tersebut didasarkan pada sejumlah masukan penyempurnaan pembelajaran PKn menjadi PPKn yang mengemuka dalam lima tahun terakhir, antara lain : (1) secara substansial, PKn terkesan lebih dominan bermuatan ketatanegaraan sehingga muatan nilai dan moral Pancasila kurang mendapat aksentuasi yang proporsional; (2) secara metodologis, ada kecenderungan pembelajaran yang mengutamakan pengembangan ranah sikap (afektif), ranah pengetahuan (kognitif), dan pengembangan ranah keterampilan (psikomotorik) belum dikembangkan secara optimal dan utuh (koheren).

Selain itu, melalui penyempurnaan PKn menjadi PPKn tersebut terkandung gagasan dan harapan untuk menjadikan PPKn sebagai salah satu mata pelajaran yang mampu memberikan kontribusi dalam solusi atas berbagai krisis yang melanda Indonesia, terutama krisis multidimensional.

PPKn sebagai mata pelajaran memiliki misi mengembangkan keadaban Pancasila, diharapkan mampu membudayakan dan memberdayakan peserta didik agar menjadi warganegara yang cerdas dan baik serta menjadi pemimpin bangsa dan negara Indonesia di masa depan yang amanah, jujur, cerdas, dan bertanggungjawab.

Dalam konteks kehidupan global, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selain harus meneguhkan keadaban Pancasila juga harus membekali peserta didik untuk hidup dalam kancah global sebagai warga dunia (global citizenship).

Oleh karena itu, substansi dan pembelajaran PPKn perlu diorientasikan untuk membekali warga negara Indonesia agar mampu hidup dan berkontribusi secara optimal pada dinamika kehidupan abad 21. Untuk itu, pembelajaran PPKn selain mengembangkan nilai dan moral Pancasila, juga mengembangkan semua visi dan keterampilan abad ke-21 sebagaimana telah menjadi komitmen global.

Bertolak dari berbagai kajian secara filosofis, sosiologis, yuridis, dan pedagogis, mata pelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013, secara utuh memiliki karakteristik sebagai berikut.

a. Nama mata pelajaran yang semula Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) telah diubah menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn);

b. Mata pelajaran PPKn berfungsi sebagai mata pelajaran yang memiliki misi pengokohan kebangsaan dan penggerak pendidikan karakter Pancasila;

c. Kompetensi Dasar (KD) PPKn dalam bingkai kompetensi inti (KI) yang secara psikologis-pedagogis menjadi pengintegrasi kompetensi peserta didik secara linier dan koheren dengan penanaman, pengembangan, dan/atau penguatan nilai dan moral Pancasila; nilai dan norma UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945; nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika; serta wawasan dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia.

d. Pendekatan pembelajaran berbasis proses keilmuan (scientific approach) yang dipersyaratkan dalam kurilukum 2013 memusatkan perhatian pada proses pem- bangunan pengetahuan (KI-3), keterampilan (KI-4), sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2) melalui transformasi pengalaman empirik dan pemaknaan konseptual. Pendekatan tersebut memiliki langkah generik sebagai berikut.

1) mengamati (observing).
2) menanya (questioning).
3) mengeksplorasi/mencoba (exploring).
4) mengasosiasi/menalar (assosiating).
5) mengomunikasikan (communicating).

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut.

Apabila pada jenjang SD/MI semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang memiliki keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga dapat berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab.

Pembahasannya secara utuh mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang diharapkan dapat mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepedulian terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya.

Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan diri siswa. Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan nyata yang mampu dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia.

Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini menjabarkan usaha yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani dalam mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat penting, guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Implementasi kurikulum 2013 pada tahun 2013 s/d 2015 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan seoptimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2016/2017 dan seterusnya.

Buku ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertama dan edisi kedua. Buku Guru SMP/MTs Kelas VII (7) Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan demi penyempurnaan.

Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan, serta penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Berikut Kata Pengantar dari Buku Siswa PPKn Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut.

Apabila pada jenjang SD/MI semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang memiliki keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga dapat berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh mencakup Pancasila,
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang diharapkan dapat mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepedulian terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan diri siswa. Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan nyata yang mampu dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia.

Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII (7) Mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini menjabarkan usaha yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani dalam mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting, guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Implementasi kurikulum 2013 pada tahun 2013 s/d 2015 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan seoptimal mungkin dalam menyiapkan Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII (7) Mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2016/2017 dan seterusnya.

Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII (7) Mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertama dan edisi kedua. Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII (7) Mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan demi penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan, serta penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Download Buku Kelas VII SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku PPKn Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini terdiri dari Buku Guru PPKn Kurikulum 2013 Kelas 7 SMP/MTs yang dapat anda dapatkan gratis sebagai bahan softfile pada lampiran di bawah

Jika bapak dan ibu Guru berminat dengan softfile atau softcopy Buku PPKn Kelas VII SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Untuk Guru dan Siswa ini maka silahkan download melalui tautan di bawah

Buku Guru PPKn Kelas VII/7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 [ disini ]

Buku Siswa PPKn Kelas VII/7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 [ disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Buku PPKn Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment