Buku Prakarya Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Prakarya Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 adalah Buku Siswa Prakarya Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017. Buku Kurikulum 2013 SMP/MTs Prakarya Edisi Revisi 2017 ini dapat anda jadikan soft file dalam menunjang proses pembelajaran dalam kelas.
Buku Prakarya Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017, Buku Siswa Prakarya Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017. Buku Kurikulum 2013 SMP/MTs Prakarya Edisi Revisi 2017 Untuk Siswa dan Guru

Buku Kelas VII SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP dan Silabus - Pembelajaran pengembangan karakter yang terpadu merupakan sistem pembelajaraan yang ada pada kurikulum 2013 yang mengedepankan tercapainya perkembangan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh.

Buku Prakarya Kurikulum 2013 Kelas 7 SMP/MTS Revisi 2017 - Demi tercapainya tujuan kurikulum tersebut maka Buku yang memiliki basis akitvitas menjadi salah satu media yang wajib dimiliki dalam mencapai perkembangan pembelajaran yang diharapkan yakni pembelajaran yang aktif, kreatif dan menantang serta bermakna sekaligus mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Buku Prakarya untuk Siswa dan Buku Guru Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 - Dengan ketersediaan multi kegiatan pada buku ini maka peran serta rekan guru sangat diharapkan melalui kreativitas dan pengembangan kegiatan kegiatan yang searah/relevan dan tentunya disesuaikan dengan potensi siswa pada sekolah untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik.

Buku Siswa/ Guru Prakarya Kelas 7 SMP/MTs Revisi 2017 - Buku Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017 ini telah disempurnakan dari edisi pendahulunya namun tetap bersifat terbuka dalam hal penyempurnaan dan perbaikan oleh berbagai pihak. Buku ini hanya bersifat sebagai Contoh saja untuk digunakan sebagai soft copy dan sesungguhnya sekolah wajib membeli buku ini melalui dana Bos ( dibeli online sesuai dengan edaran Jenderal pendidikan dasar dan menengah)

Berikut Kata Pengantar dari Buku Prakarya Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan pelbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung memengaruhi kehidupan kita sehari- hari.

Ruang lingkup mata pelajaran (mapel) prakarya untuk SMP/MTs kelas VII meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu peserta didik diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar.

Buku Siswa SMP/MTs Mapel Prakarya Kelas VII (7) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini merupakan edisi revisi yang disusun dengan mengacu kepada kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik kompetensi inti maupun kompetensi dasar.

Buku Siswa SMP/MTs Mapel Prakarya Kelas VII (7) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini, pada setiap pembahasan disertai dengan gambar dan penugasan yang membantu peserta didik memahami materi dengan mengajak aktif bereksplorasi dengan lingkungannya maupun media belajar lainnya.

Harapan penulis Buku Siswa SMP/MTs Mapel Prakarya Kelas VII (7) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini dapat memotivasi siswa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah praktis dengan memanfaatkan potensi sumber daya dan memunculkan keunggulan yang ada di daerah masing- masing. Penulis juga berharap Buku Siswa SMP/MTs Mapel Prakarya Kelas VII (7) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini dapat memberikan sumbangsih dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik serta turut melestarikan kerajinan, budaya, dan teknologi bangsa Indonesia.

Sejarah Prakarya di Indonesia dimulai dari kegiatan nonformal yang bersinggungan dengan tradisi lokal yang memuat sistem budaya, teknologi lokal, serta nilai-nilai kehidupan bersosial. Oleh karenanya, penataan pelajaran Prakarya pada Kurikulum 2013 berjalan mengikuti perubahan serta berpijak pada perkembangan ipteks yang mendasarkan pada budaya lokal. Hal ini diajukan karena kekuatan local genius dan local wisdom masih unggul dan menjadi sistem nilai kerja pada setiap daerah sebagai potensi lokal.

Konteks pendidikan kearifan lokal, pelajaran Prakarya berbasis budaya, diselenggarakan pada tingkat awal. Konten pendidikan Prakarya dari kearifan lokal berupa pendidikan: (1) tata nilai, sumber etika, dan moral dalam kearifan lokal, sekaligus sebagai sumber pendidikan karakter bangsa, (2) teknologi tepat guna yang masih relevan dikembangkan untuk menumbuhkan semangat pendidikan keterampilan proses produksi, dan (3) materi kearifan lokal.

Dasar pembelajaran berbasis budaya ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai ‘kearifan lokal dan ‘jati diri’ sehingga tumbuh semangat kemandirian, kewirausahaan dan sekaligus kesediaan melestarikan potensi dan nilai-nilai kearifan lokal. Hal ini didasari pada kondisi nyata bahwa pengaruh kuat budaya luar masih perlu mendapat perhatian terhadap budaya peserta didik.

Pelajaran Prakarya juga memperhatikan wawasan pasar, dengan mendasarkan pada prinsip pendidikan dan latihan (diklat). Hal ini sesuai dengan harapan Inpres No. 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, dan Belajar Aktif dan Naturalistik dilaksanakan dengan pendekatan kontekstual.

Isi Instruksi Presiden tersebut menyangkut kebijakan Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk periode 2009-2015, yakni pengembangan kegiatan ekonomi berdasarkan pada kreativitas, keterampilan, dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Tantangan pelajaran Prakarya dalam menghadapi persoalan internal dan eksternal dibutuhkan keterpaduan: (1) pemahaman nilai tradisi dan kearifran lokal serta teknologi tepat guna, (2) adopsi sistem produksi dengan teknologi dasar, serta (3) mendasarkan wawasan pelatihan dengan kewirausahaan. Dasar keterampilan yang menjadi tumpuan pengembangan adalah: rekayasa, pengolahan, budidaya, dan kerajinan. Secara garis besar, pelajaran Prakarya diharapkan memperhatikan:

(1) pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai bagian integral yang takterpisahkan dari pendidikan nasional, (2) pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dikembangkan secara komprehensif sebagai proses pembudayaan, (3) fasilitasi pendidikan dan kebudayaan secara kelembagaan perlu diwadahi secara utuh, (4) pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, sekolah dan orang tua, dan (5) revitalisasi pendidikan dan budaya karakter bangsa dalam menggugah semangat kebersamaan.

Download Buku Kelas VII SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Prakarya Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 berikut ini terdiri dari Buku Siswa Prakarya Kurikulum 2013 Kelas 7 SMP/MTs yang dapat anda dapatkan gratis sebagai bahan softfile pada lampiran di bawah

Jika bapak dan ibu Guru berminat dengan softfile atau softcopy Buku Prakarya Kelas VII SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini maka silahkan download melalui tautan di bawah

Buku Prakarya Kelas VII/7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 [ disini ]

Buku Prakarya Kelas VII/7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2 [ disini ]
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Buku Prakarya Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment